Branding - Flipper
Emang branding penting? Apa”iya”?

Emang branding penting? Apa”iya”?

Untuk berhasil dalam branding, sebelumnya, Anda harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dan pelanggan potensial yang telah Anda tentukan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan mengungkapkan strategi branding yang baik.

Brand? Apakah itu?

branding by flipper.id

Sebelum lebih lanjut, ini sebuah kutipan dari Philip Kotler merupakan ayah dunia pemasaran, tentang definisi merek atau brand.

“A brand is a name, term, sign, symbol, or design or a combination of them, intended to identify the goods and services of one seller or group of sellers and to differentiate them from those of the competitor.”

Ada ribuan, bahkan jutaan pengusaha memiliki prinsip yang sama saat menjual produk yang sama dengan produk Anda.
Brand hadir sebagai tanda identitas atau ciri khas; prinsip-prinsip produksi untuk membedakan produk mereka dengan prinsip-prinsip produk sejenis yang diproduksi oleh perusahaan lain.
Secara total, konsumen akan dapat memilih produk yang mereka konsumsi.

Sementara branding didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk nama simbol atau identitas yang membedakan produk / jasa dengan produk / jasa orang lain.
Kemudian, maka dari itu penting bagi manajer / pemilik / pendiri perusahaan bisnis untuk memeriksa bagaimana prinsip-prinsip branding produk / jasa untuk dijual.

 

Mengapa perlu branding?

strategi branding

Jika Anda seorang pengusaha baru yang ingin memulai bisnis, Anda mungkin masih tidak merasa perlu untuk menciptakan sebuah merek, karena memiliki kepedean cukup dalam produk yang telah dibuat.

Namun sayangnya, produk / layanan Anda buat malah tidak dapat membuat pasarnya sendiri. Maka dari itu Anda harus membangun merek untuk produk / jasa yang Anda sudah buat untuk berbagai manfaat, seperti apa manfaatnya lihat sebagai berikut:

  1. Menyediakan produk jadi / jasa

    Seperti yang sudah dijelaskan pada beberapa paragraf sebelumnya; bahwa merek atau brand befungsi sebagai identitas usaha anda. Inilah yang membedakan produk / jasa dengan produk / jasa pesaing. Sebagian identitas inti paling penting adalah logo desain.

  2. Buat produk / nilai

    Ketika brand dibangun, Anda siap untuk mengirim pesan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam produk / jasa yang Anda hasilkan kepada publik. Nilai-nilai yang merangkul dan bisa menjadi magnet bagi target pasar untuk merek produk / jasa.

  3. Berkomunikasi dengan pelanggan Anda dan target pasar

    Dengan brand, itu berarti Anda harus membuka pintu komunikasi dengan target pasar dan prospeknya. Merek mengirim pesan lain kepada publik; nilai, kelebihan produk / jasa, USP (Unique Selling Point) dari produk / jasa dan berbagai hal lainnya. Selain itu, kehadiran brand juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan tanggapan dari pelanggan yang telah mencoba produk / jasa yang anda hasilkan.

  4. Memperkuat kredibilitas dan persepsi

    Setelah beberapa orang yang mencoba produk / jasa yang mereka lakukan, mereka akan menentukan kredibilitas merek Anda dan mulai membangun persepsi Anda tentang merek Anda.

  5. Untuk memudahkan proses konsultasi

    Selain mempromosikan kehadiran penjualan merek dan untuk memfasilitasi proses rujukan yang dapat Anda lakukan untuk pelanggan Anda ketika mereka puas dengan produk / layanan yang diberikan oleh brand Anda

 

Penyusunan strategi merek adalah: Mendevelop MVB

branding penting flipper

Dalam dunia startups, produk yang layak minimum (MVP) adalah hal pertama yang harus dipersiapkan pendiri sebelum memulai melakukan bisnis. Namun, banyak dari para pendiri start-up dan pengusaha yang tidak bekerja pada brand layak minimum (MVB) untuk produk-produknya.

MVB terdiri dari unsur-unsur penting dari tanda untuk mempertahankan fokus dan arah referensi eksternal, serta produk-produk khas dan produk lainnya. Kerangka MVB terdiri dari 6W:

  1. Apa yang kita perjuangkan?

    Pada titik ini, sebagai pemilik bisnis, Anda harus dapat menjelaskan esensi dari merek Anda; apa gagasan utama menganjurkan pada saat membangun merek. Sebagai contoh, sebuah perusahaan besar Johnson & Johnson percaya bahwa setiap manusia membutuhkan hal-hal yang harus memiliki kualitas yang baik dengan harga yang wajar. Jadi Johnson & Johnson selalu menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan pelayanan yang baik.

  2. Apa yang kita percaya?

    Pada titik ini, Anda harus dapat menentukan apa yang Anda percaya ketika membangun merek Anda. Sebagai perusahaan internasional, Procter & Gamble dapat menjadi contoh yang baik; P & G percaya bahwa konsumen adalah raja. Mereka menerapkan nilai-nilai yang mengutamakan konsumen seprti mengerti konsumen, menjadi merek global, merek yang belum berhenti inovasi, memiliki kekuatan merek dan juga untuk dapat menanggapi kredibilitas pasar.

  3. Apa yang kita berusaha untuk memobilisasi orang?

    Maka Anda harus dapat menjelaskan apa jenis penonton yang akan menjadi target pasar untuk merek Anda secara tidak langsung. Pada titik ini, perusahaan mobil terkenal Mercedes Benz untuk membangun merek dengan target pasar yang jelas; yaitu orang-orang yang peduli dan perhatian terhadap masa depan lingkungan. Produk mobil Mercedes Benz yang diproduksi tidak “mewah” hanya untuk menunjukkan kelasnya, tetapi juga menunjukkan kekuatan mesin yang ramah lingkungan.

  4. Apa yang membedakan kita?

    Merek Anda harus mampu menjelaskan apa yang membedakan merek Anda dari pesaing Anda. Sebagai sebuah merek, Asana membawa pesan yang kuat bahwa “kami mendorong tim untuk melakukan hal-hal besar bersama-sama.” Dengan pesan-pesan ini, saya belajar bahwa Asana adalah alat manajemen proyek yang tepat untuk mengerjakan sesuatu dengan rekan tim.

  5. Apa yang kami tawarkan?

    Merek Anda harus dapat menjelaskan apa yang Anda tawarkan, terutama Unique Selling Point (USP). Akan lebih baik jika Anda bisa menjelaskan USP menandai merek Anda dengan kalimat pendek bagi penonton untuk memahami dan melihat kesesuaian antara merek dan produk / jasa.

  6. Apa yang kita katakan dan menunjukkan?

    Pada titik ini, Anda harus dapat menjelaskan bagaimana berbicara dan bagaimana manifestasi dari merek Anda. Anda akan perlu untuk merek nama Anda, slogan untuk branding dan logo untuk merek Anda. Dengan ini, merek Anda akan semakin jelas di mata publik.

Berikut adalah 8 langkah Kedua merek

Emang branding penting? Apa"iya"? 1

Merek adalah sebuah proses di mana identitas perusahaan diciptakan dan dilakukan untuk menyampaikan pesan, menciptakan kredibilitas, menciptakan komunikasi antara produk dan pelanggan dan tentu saja untuk memotivasi pembelian. Ketika merek mulai membangun identitas yang kuat bahwa kepercayaan konsumen akan melekat pada merek produk / jasa, loyalitas merek, membuat persepsi yang baik dari wujud nyata, dan dari mulut ke mulut.

Untuk strategi merek yang baik, Anda harus melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Gunakan logo yang tepat

    Logo brand yang harus anda gunakan harus mematuhi semua jawaban ke MVB sebelumnya. Dengan logo yang tepat, Anda juga bisa menempatkannya pada semua materi pemasaran produk Anda telah mempersiapkan. Jika Anda belum memiliki logo, kami dapat membantu Anda membuat logo yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

  2. Tulis pesan brand Anda

    Pastikan pesan Anda tentang merek Anda yang ditawarkan oleh merek. Anda dapat membuat slogan yang terdiri dari frase singkat untuk menyampaikan pesan. Hal ini membuat strategi merek Anda akan lebih selaras dengan MVB Anda siap. contoh yang indah dari sebuah slogan seperti Nike Just do it.

  3. Mengintegrasikan brand Anda

    Brand akan terdeliver jika Anda memberi brand pada semua aspek dari bisnis Anda. Anda dapat menambahkan logo pada produk dan desain kemasan produk, menambahkan logo Anda untuk booth dan logo untuk mengintegrasikan iklan banner pada desain situs. Dengan strategi branding seperti ini, merek akan diintegrasikan dan masyarakat akan lebih sadar terhadap brand Anda. Contoh ini dapat dilihat pada portofolio desain kami.

  4. Membuat pesan yang sesuai untuk mengartikan brand Anda.

    Tentu saja gaya komunikasi untuk brand Anda; jika Anda ingin perasaan persahabatan atau kesan profesional? Dengan memilih mode yang sesuai komunikasi, pesan akan dikerahkan sesuai dengan kebutuhan dan sarana komunikasi.

  5. Desain template dan membuat tanda standar untuk kebutuhan pemasaran Anda

    Strategi merek berikutnya, telah menetapkan standar untuk semua kebutuhan pemasaran Anda. Banyak brand besar membuat model untuk semua kebutuhan pemasaran; misalnya desain brosur untuk Crown Sky. Mereka menggunakan buku petunjuk / model adalah desainer Flipper sehigga jika suatu saat mereka harus melakukan brosur lain, mereka hanya perlu mengikuti guidline / model yang sama.

  6. Brand yang jujur

    Menjalankan bisnis yang sesuai dengan semua nilai-nilai yang Anda berikan melalui branding. Karena tidak akan membuat keembali pelanggan apabila produk / layanan yang disediakan tidak sesuai dengan branding.

  7. Konsistensi

    Ketika gambar selesai, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah untuk konsisten. Anda harus pergi melalui semua aspek bisnis sesuai dengan brand yang telah dilakukan agar tidak menimbulkan kebingungan kepada masyarakat, target pasar dan pelanggan Anda.

Dengan begitu banyak untuk mempertimbangkan dalam branding mudah-mudahan serangkaian hal-hal yang telahd disebutkan di paragraf sebelumnya dapat membantu Anda memenuhi semua kebutuhan branding untuk produk / jasa, sehingga produk / jasa yang Anda tawarkan dapat segera diketahui dan dicintai oleh orang-orang.

Penting!! Yuk Pahami Perbedaan Branding, Marketing, Selling

Penting!! Yuk Pahami Perbedaan Branding, Marketing, Selling


Serupa tapi tak sama, banyak UKM/UMK menyamakan Aktivitas Branding, Selling, dan Marketing. Padahal sejatinya ketiganya punya tujuan Akhir yang berbeda.

Nah Apa Bedanya

1.Branding

Aktivitas menaikan value (Nilai Tambah) pada sebuah produk sehingga ptoduk memiliki nyawa / value.  Mengapa Brand itu penting agar produk kita  tidak terjebak pada pasar komoditi atau ikut dalam kompetisi perang harga. Membangun sebuah Brand adalah membangun reputasi / kepercayaaan tanpa adanya Trust tidak ada namnya penjualan. Produk memang diciptakan di pabrik namun brand diciptakan di benak konsumen.

Value sendiri menurut pakar riset marketing Yuswohadi dibagi menjadi 3 yaitu value Fisik, Emotional. dan Spiritual

2.Marketing

Marketing Tugasnya mengemas Value tadi dalam bentuk OFfer (Penawaran) Terpercaya dan susah ditolak, dikemas dalam bentuk copy writing, picture/foto, dan juga video.

Di komunikasikan dalam berbagai Agel iklan seperti story telling, endorse, testimony, social proof, dll. Dalam Digital Marketing penyebarannya melalui media digital (foto, video,copy writing) yang bisa langsung diakses melalui internet baik google, youtube, media social. market place, dan media digital lainnya.

Se-keren apapun Value kita jika tidak dikomunikasikan /di iklan-kan hanya akan dilihat terbatas orang. Goals Marketing adalah  Mendatangkan Lead generation  ke Cs (closing) / Form Order. Ngomongin Marketing adalah Ngomongin tentang Faktor kali dan Mengemas (penawaran).

Marketing ngomongin tentang Trafik source dan bagaimana men-grab trafik dari google, youtube, FB, instagram, wa, email  menjadi data base aset kita (own trafik).

3.Selling

Selling – Tujuan jelas closing mengubah trafik yang sudah warm menjadi Hot dengan teknik-teknik Selling. Seperti Now or Never, Beli sekarang sebelum kehabisan, diskon , bonus dll.

Memahami  Perbedaan Branding, Marketing, Selling akan memudahkan kita menyusun program program baik Branding, Marketing, maupun, selling. Nah pertanyaannya sudahkan kita punya program Branding, Marketing, dan Selling selama satu tahun ?

Mau Tahu lebih dalam tentang BEDA Branding, Marketing, dan Selling.

Mau Ebook GRATIS Kilk

http://bit.ly/2Y1lwv3

http://bit.ly/2Y1lwv3

 

 

Pentingnya Branding di Media Sosial

Pentingnya Branding di Media Sosial

Aktivitas Branding adalah aktivitas membangun Value (Nilai Tambah) baik berupa Value Fisik, Value Emotional, maupun Spiritual. Goals Akhir aktivitas Branding adalah membangun Reputasi/Trust dan Loyality customer. Namun Nilai tambah ini harus dikomunikasikan kepada calon customer ataupun pelangan setia kita.

Media social (diwakili Facebook, Instagram, WhatsApp) , Youtube , adalah media yang cukup efektif dan efisiens untuk mengkomunikasikan Brand. Trafik di Media social sendiri bisa didapat dengan dua cara ORGANIK TRAFIK dan juga PAID TRAFIK BERBAYAR. 

Oraganik Trafik dibuat dengan banyak membangun konten yang disukai target market. Kalau Paid Trafik bisa dengan berbayar iklan ADS. Semua ada kelebihan dan kelemahan masing-masing, namun jika ingin mempercepat Ads menjadi pilihan yang bijak. Mind set iklan (ads) adalah menghemat waktu kita, mempercepat value kita diketahui orang lain, karena kita ada di era serba cepat.

Bayangkan jika harus menyebar brosur dalam sehari berapa brosure yang bisa tersebar secara manual, dengan Ads brosur penawaran kita baik (foto,video, copy writing) bisa dilihat ratusan ribu orang, bahkan jutaan (tergantung budjet) dalam satu waktu tertentu. Di Era New Wave Marketing 4.0 pemasaran lewat mobile di media social sangatlah penting, karena hampir semua orang menghabiskan waktu bersama handphone mereka.

Value harus dikomunikasikan dengan Media baik (bellow theline, above the line, digital marketing) atau media massa. Tanpa adanya komunikasi value kita tidak ada yang tahu. ADS menjadi faktor kali untuk mempercepat value kita diketahui orang sehingga marketing / penawaran kita bisa diterima lebih cepat.

Mau dibantu oleh Flipper membuat stategic planing selama setahun untuk program Branding, marketing, dan selling silahkan hubungi team flipper.id.

Team kami akan siap membantu Anda membuat strategic plan, hingga lead measure execution sehingga Anda lebih fokus selling dan membangun system business Anda daripada mengurusi teknis digital marketing dari facebook ads, sampai google adwords.

Pentingnya Branding di Media Sosial 2

Omni channel adalah saat pelanggan bisa menggunakan lebih dari satu channel penjualan seperti toko fisik, e-Commerce/internet, mobile (m-Commerce), social Commerce, dan lain lain untuk melakukan riset, membeli, mendapatkan dan mengembalikan atau menukar barang. VALUE + FAKTOR KALI  

simak video dibawah

@AlfianRendra

Digital Marketing Consultant

.

Apa definisi BRAND dengan BRANDING

Apa definisi BRAND dengan BRANDING

Haloo

Assalamualaikum sobat Digital Marketing Patner

salam kenal kami dari Flipper Digital Agency yang berda di kota Yogyakarta

Hari ini boleh ya kita sedikit sharing tentang definisi BRAND dan Branding.  Serupa tapi tak sama , ya banyak orang salah kaprah tentang Definisi Brand dan Branding.

definisi BRAND /brand adalah (NAMA + MAKNA) kata pak bi pakar Branding Indonesia  (Bisa bikin Brand) .

Pernah Anda mendengar kata Apple atau Nike , Adidas, Zara apa yang ada dibenak Anda tentang Brand ini.

Atau  Nama Nabi Muhammad SAW, Umar Bin Khtab, dll apa yang ada dibeank Anda , pasti menunjukan perspsi tertentu.

Nabi Muhammad Saw mengajarkan kita tentang pentingnya membangun BRAND , sebelum diangkat menjadi nabi Muhammad sudah membanun TRUST/REPUTASI/BRAND sebagai AL Amin (Yang Terpercaya) JUJUR /Amanah.

Bicara tentang BRAND bicara tentang REPUTASI / TRUST itulah GOALS dari aktivitas Branding.

  • Definisi BRANDING adalah aktivitas untuk menaikan VALUE (Nilai tambah) kedalam suatu produk/jasa sehingga orang menjadi Trust dan Loyal. Nilai BRAND bisa diukur lewat Loyality Customer , Brand termahal didunia saat ini adalah APPLE kenapa Mahal ? Konon katanya BRAND nya saja dijual tanpa kantor/pabriknya bisa melunasi hutang-hutang Indonesia. Brand Apple Mahal diukur dari LOYALITY CUSTOMER.

Loyality Customer menjadi goals akhir dari proses Branding, selling, dan markting sehingga orang sudah susah pindah kelain hati ada ikatan emosional didalamnya.

VALUE sendiri kata pakar marketing Yuswohadi  dibagi menjadi 3 yaitu Value FISIK, EMOSIONAL, dan Spiritual.

  • Menurut Penelitian 80% Orang beli karena Emosional , dan  75 % karena Rekomendasi. Membangun BRAND adalah membangun ikatan emotional kepada calon pelanggan, maupun pelanggan kita sehingga mereka Loyal / trust kepada Brand Anda.  Pernah Anda  merasakan misal beli di toko sebelah lebih suka dari pada di toko satunya yang mungkin jauh lebih murah dari toko sebelah. Hanya karena ada ikantan emosi terhadap toko tertentu , pernah dapat pengalaman , hadiah, atau hanay sekedar suka saja.

BRAND adalah Cinta kalau sudah cinta susah dijelaskan denagn kata-kata , dan jika Cinta disambut dengan cinta juga akan menimbulkan Kesetiaan. Inilah puncak dari Aktivitas BRANDING mempunyai Loyal custumer yang siap membela walau brand Anda dijelekan competitor.

Nah sudah tahu kan definisi brand dan branding, kalau brand itu (nama dan makna) kalau branding aktivitas menaikan value sehingga tidak lagi terjebak di pasar komuditi dan bisa menjual lebih mahal dari toko sebelah. Zero competitor karena competitor adalah are new friends, yang ada berlomba-lomba dalam kebaikan Fastabiqul khairat.

insya Allah Flipper  jadi digital patner event cara keren , kolaborasi 2 agency Iklan yaitu petakumpet dan juga syafaat marcom cek linknya disini https://event.berkolaborasi.com/ 

@AlfianRendra

Digital Marketing Consultant