Apa definisi BRAND dengan BRANDING
Apa definisi BRAND dengan BRANDING

Apa definisi BRAND dengan BRANDING

Haloo

Assalamualaikum sobat Digital Marketing Patner

salam kenal kami dari Flipper Digital Agency yang berda di kota Yogyakarta

Hari ini boleh ya kita sedikit sharing tentang definisi BRAND dan Branding.  Serupa tapi tak sama , ya banyak orang salah kaprah tentang Definisi Brand dan Branding.

definisi BRAND /brand adalah (NAMA + MAKNA) kata pak bi pakar Branding Indonesia  (Bisa bikin Brand) .

Pernah Anda mendengar kata Apple atau Nike , Adidas, Zara apa yang ada dibenak Anda tentang Brand ini.

Atau  Nama Nabi Muhammad SAW, Umar Bin Khtab, dll apa yang ada dibeank Anda , pasti menunjukan perspsi tertentu.

Nabi Muhammad Saw mengajarkan kita tentang pentingnya membangun BRAND , sebelum diangkat menjadi nabi Muhammad sudah membanun TRUST/REPUTASI/BRAND sebagai AL Amin (Yang Terpercaya) JUJUR /Amanah.

Bicara tentang BRAND bicara tentang REPUTASI / TRUST itulah GOALS dari aktivitas Branding.

  • Definisi BRANDING adalah aktivitas untuk menaikan VALUE (Nilai tambah) kedalam suatu produk/jasa sehingga orang menjadi Trust dan Loyal. Nilai BRAND bisa diukur lewat Loyality Customer , Brand termahal didunia saat ini adalah APPLE kenapa Mahal ? Konon katanya BRAND nya saja dijual tanpa kantor/pabriknya bisa melunasi hutang-hutang Indonesia. Brand Apple Mahal diukur dari LOYALITY CUSTOMER.

Loyality Customer menjadi goals akhir dari proses Branding, selling, dan markting sehingga orang sudah susah pindah kelain hati ada ikatan emosional didalamnya.

VALUE sendiri kata pakar marketing Yuswohadi  dibagi menjadi 3 yaitu Value FISIK, EMOSIONAL, dan Spiritual.

  • Menurut Penelitian 80% Orang beli karena Emosional , dan  75 % karena Rekomendasi. Membangun BRAND adalah membangun ikatan emotional kepada calon pelanggan, maupun pelanggan kita sehingga mereka Loyal / trust kepada Brand Anda.  Pernah Anda  merasakan misal beli di toko sebelah lebih suka dari pada di toko satunya yang mungkin jauh lebih murah dari toko sebelah. Hanya karena ada ikantan emosi terhadap toko tertentu , pernah dapat pengalaman , hadiah, atau hanay sekedar suka saja.

BRAND adalah Cinta kalau sudah cinta susah dijelaskan denagn kata-kata , dan jika Cinta disambut dengan cinta juga akan menimbulkan Kesetiaan. Inilah puncak dari Aktivitas BRANDING mempunyai Loyal custumer yang siap membela walau brand Anda dijelekan competitor.

Nah sudah tahu kan definisi brand dan branding, kalau brand itu (nama dan makna) kalau branding aktivitas menaikan value sehingga tidak lagi terjebak di pasar komuditi dan bisa menjual lebih mahal dari toko sebelah. Zero competitor karena competitor adalah are new friends, yang ada berlomba-lomba dalam kebaikan Fastabiqul khairat.

insya Allah Flipper  jadi digital patner event cara keren , kolaborasi 2 agency Iklan yaitu petakumpet dan juga syafaat marcom cek linknya disini https://event.berkolaborasi.com/ 

@AlfianRendra

Digital Marketing Consultant